KEIKUTSERTAAN PERPUSTAKAAN PUSTAKA JALA TARUNA AAL DALAM SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP “ PENERAPAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS GUNA MENDUKUNG PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 ”



    Perkembangan teknologi abad 21 mempengaruhi berbagai kegiatan termasuk perpustakaan. Percepatan perkembangan teknologi perlu dihadapi dengan segera. Untuk menghadapi perkembangan teknologi yang demikian cepat dan maju diperlukan sumber daya manusia yang berkompetitif. Pustakawan merupakan salah satu sumber daya di perpustakaan yang menjadi kunci untuk membawa perubahan. Apa yang dilayankan pustakawan harus mengimbangi perkembangan teknologi, pustakawan harus mampu berkomunikasi, profesionalisme dan tetap menjaga etika dan aturan
Pustakawan perguruan tinggi memiliki jenjang posisi yang sama dengan tenaga pendidik (dosen).Berkaitan dengan pendidikan, pustakawan dapat menjadi mitra civitas akademika (mahasiswa dan dosen) dalam mengawal perkembangan atau tren pengetahuan, teknologi dan informasi yang sedang berkembang. Pustakawan tidak hanya sekedar tahu tapi dituntut untuk dapat menguasainya. Internet of Things adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.
Penerapan IoT (Internet of thing)  memiliki manfaat yang sangat besar ketika diimplementasikan, termasuk penerapannya dalam bidang Perpustakaan. Meskipun demikian, dalam implementasinya IoT juga memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapi, di antaranya keberadaan manusia yang akan tergantikan oleh mesin, keamanan data akan berkurang, dan besarnya biaya yang diperlukan untuk implementasi teknologi ini.
   Guna menunjang keahlian pustakawannya AAL  mengikuti seminar yang diselenggarakan,  Perpustakaan  ITS  Surabaya   yaitu   Seminar  &  Workshop Nasional Penerapan Teknologi Internet of Things Guna Mendukung Pelayanan Perpustakaan di Era Revolusi Industri 4.0 . yang diselenggarakan  pada tanggal 25-26 september 2019 di Hotel Santika Premire Gubeng Surabaya
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar