KETUA UMUM YAYASAN HANG TUAH SASAR DIGITALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH HANG TUAH


      


Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda TNI (Pur) Amri Husaini Rabu,(13/10) di dampingi Pengurus Inti PP YHT dan Ketua Pengurus  Yayasan Hang Tuah  Cabang  Surabaya laksanakan peninjauhan di  5  Satuan Pendidikan/ sekolah Surabaya-Sidoarjo.


Ke-5 Satdik tersebut antara lain SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo , SMA Hang Tuah 4 Surabaya dan SMP Hang Tuah 1 Surabaya. Karena keterbatasan waktu Ketum YHT tidak bisa melihat seluruh sekolah-sekolah di bawah Yayasan Hang Tuah Surabaya yang sudah menggunakan aplikasi digital di perpustakannya.

Kapeng YHT Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto,  M.Si sangat mendukung program aplikasi digital bagi sekolah-sekolah di wilayah kerjanya, kesemuanya ini adalah tuntutan perkembangan  IT  yang harus berjalan seirama dengan  generasi zaman now/ generasi dimasa revolusi industry 4.0

Proses digitalisasi  perpustakaan di sekolah-sekolah Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya merupakan  pelaksanaan program kerja Yayasan Hang Tuah ,  dengan harapan seluruh peserta didik akan lebih mudah mendapatkan literasi   yang bisa di akses secara online. Apalagi disaat kodisi pandemi  covid-19 tentu saja  melalui digital online akan sangat membantu mengurangi proses penyebaran virus covid-19.

Salah satu contoh digitalisasi perpustakaan di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo,  Ketum YHT beserta rombongan langsung  menunjuk beberapa siswa siswa yang kebetulan berada di lokasi perpustakaan untuk berinteraksi langsung dengan peserta didik.  Bagaimana tata cara mengakses literasi melalui digital perpustakaan , siswa mampu menujnjukkan  proses-proses tersebut.

Sebagai contoh  :  mencari koleksi2 yang akan di alih media digitalkan, koleksi2 tersebut merupakan koleksi hasil karya guru dan siswa. Hasil karya tersebut bisa berupa softcopy dan hardcopy. Untuk softcopy kita tinggal merubah formatnya untuk bisa diunggah ke dalam perpustakaan digital sedangkan untuk yang hardcopy perlu kita scan untuk di alih media digitalkan menjadi format softcopy yang kemudian di rubah formatnya untuk bisa diunggah.
Setelah format jadi barulah kita akses ke website perpustakaan yang kita unggah terlebih dahulu. Barulah setelah kita unggah, akses buku digital tersebut baru bisa diakses.
Untuk sistem sirkulasi di perpustakaan juga menggunakan sistem aplikasi perpustakaan  yang terhubung diserver perpustakaan yang kemudian diberikan akses kedalam website perpustakaan , kemudian bisa diakses dari mana saja dalam lingkup sekolah tersebut.

Didalam website tersebut kita bisa mengakses sistem katalog dan pendaftaran dari luar perpustakaan dalam lingkup sekolah tersebut, selanjutnya akses keluar perpustakaan dari dalam website, perpustakaan memiliki link akses keluar yang bisa di akses dari mana saja.

Selama proses digitalisasi perpustakaan sekolah-sekolah di Yayasan Hang Tuah , Kapeng YHT Cabang  Surabaya menghadirkan  pustakawan dari Akademi TNI Angkatan Laut Rudi Novi Setiawan untuk selalu  mengadakan pendampingan bila di perlukan sewaktu-waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar