Perpustakaan Nasional RI Gelar Rakornas Perpustakaan 2022, Perpustakaan Akademi TNI Angkatan Laut mengikuti kegiatan rakornas secara daring


       

     Perpustakaan Nasional RI pada tanggal 29 dan 30 Maret 2022 menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2022. Rakornas Perpustakaan tahun ini mengusung tema "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional", yang diisi dengan beragam diskusi seputar persoalan dan tantangan literasi Indonesia.

      

      Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional Bidang Perpustakaan 2022 yang dihelat di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta pada Selasa,(29/3/22). Muhadjir didampingi oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, menyatakan Rakornas Perpustakaan yang mengangkat tema “Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional" dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong.

  Muhadjir Effendy mengatakan bahwa untuk mewujudkan manusia yang berkualitas dan berdaya saing, maka pembangunan manusia harus didasarkan pada layanan dasar dan perlindungan sosial, peningkatan produktivitas dan pembentukan karakter. Dalam era digital ini, dikatakannya bahwa arus informasi sudah sangat mudah dijangkau, bahkan dunia mengalami kelimpahruahan sumber-sumber belajar, dan begitu mudahnya untuk mengakses sumber belajar itu.


    Selain itu Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando juga mengatakan, meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun Rakornas harus tetap digelar untuk menyatukan tujuan dan program seluruh stakeholder perpustakaan di Indonesia.

    "Rakornas adalah tempat untuk seluruh stakeholder perpustakaan di Indonesia berkumpul, berbagi informasi tentang kondisi perpustakaan di berbagai daerah hingga bisa mendapatkan informasi kunci sukses dalam menjalankan fungsi perpustakaan  demi meningkatkan budaya literasi sekaligus berperan dalam pemulihan ekonomi dan berkontribusi dalam kemajuan bangsa,” ujar Muhammad Syarif Bando Kepala Perpusnas RI. 

   Rakornas tahun ini digelar secara hybrid, dengan peserta yang hadir secara luring (tatap muka) dibatasi hanya 750 peserta saja dengan komposisi peserta terbanyak lainnya yakni 10.000 orang akan hadir secara daring. Peserta luring ini terdiri dari Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ketua Forum Perpustakaan/Penerbit Pengusaha Rekaman dan pihak-pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas selama ini. Dalam kegiatan Rakornas Perpustakaan 2022 ini Perpustakaan Akademi TNI Angkatan Laut mengikuti kegiatan tersebut dengan secara daring dari Perpustakaan Pustaka Jala Taruna Akademi TNI Angkatan Laut Bumimoro Surabaya selama 2 hari tanggal 29 dan 30 Maret 2022. Dengan mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat mengetahui informasi perkembangan perpustakaan dan dapat menjalin hubungan dengan luar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar