KONFERENSI PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA (KPDI) Ke - 13


    
Perpustakaan Nasional RI ( PERPUSNAS RI ) bekerja sama dengan Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI)   menyelenggarakan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 tahun 2022 yang berlangsung di The Sunan Hotel Surakarta pada 9-11 Agustus 2022.

    Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. Untuk tema yang diambil dalam KPDI ke-13 tahun 2022 ini adalah "Revitalisasi Perpustakaan Digital dalam Percepatan Transformasi Pengetahuan”.

     Tujuan diselenggarakannya KPDI ke-13 tahun 2022 ini diharapkan dapat menjadi sarana berbagi pengalaman, pengetahuan, saran dan rumusan mengenai revitalitasi perpustakaan digital dalam percepatan tranformasi masyarakat informasi menuju masyarakat sejahtera.

     Untuk kegiatan-kegiatan KPDI ke-13 tahun 2022 ini meliputi seminar, workshop literasi digital, call of papers, festival literasi digital, pameran vendor/sponsor dan city tour ke tempat museum di kota Surakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Terdapat beberapa topik yang dibahas dalam KPDI ke-13 tahun 2022. Diantaranya perpustakaan digital dalam percepatan transformasi pengetahuan ke masyarakat pinggiran (marginal). Lalu pustakawan inovatif dan kreatif mentransformasikan pengetahuan untuk masyarakat produktif, pengembangan perpustakaan digital untuk layanan inklusif pemustaka difabel serta peran perpustakaan digital dalam percepatan transformasi masyarakat di wilayah pedesaan dan wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

“Peserta dari kegiatan KPDI ke-13 tahun 2022 ini sebanyak 400 peserta yang terdiri dari berbagai elemen. Diantaranya pejabat legislatif tingkat pusat maupun daerah; Kepala Perpustakaan, Pustakawan dan pengelola perpustakaaan, Dosen serta Peneliti/pemerhati teknologi informasi, perpustakaan dan digital. Perpustakaan Akademi TNI Angkatan Laut berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut mulai awal hingga akhir kegiatan yang diwakili oleh Kepala Perpustakaan Akademi TNI Angkataan Laut Letkol laut (KH) Sakiran beserta 1 orang staff perpustakaan. 

Setelah semua kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Kegiatan ini langsung ditutup oleh Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. pada tanggal 11 Agustus 2022. Sedangkan untuk pelaksanaan yang akan datang pada tahu 2023 akan dilaksanakan di kota Malang yang menjadi Panitia adalah Perpustakaan Nasional RI, Universitas Brawijaya serta Forum Perpustakaan Digital Indonesia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar