Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi 9 Komponen


 

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. untuk itu perlu diadakan standarisasi layanan dengan adanya kegiatan akreditasi Perpustakaan.

Dalam memenuhi standar yang diterapkan Perpustakaan Nasional melalui kegiatan akreditasi ini dibutuhkan bimbingan teknis. FPPTI Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi 9 Komponen” pada tanggal 22-23 Juni 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah mempersiapkan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jawa Timur untuk mengikuti akreditasi perpustakaan perguruan tinggi melalui kegiatan BimTek berupa seminar, langkah-langkah penyusunan borang, dan sharing session. Bimtek ini membahas 9 komponen, antara lain adalah koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca, dan indeks pembangunan literasi masyarakat.

   Kegiatan BimTek tersebut mengundang Dra. Adriati Zen, M.Hum dari Perpustakaan Nasional RI sebagai pemateri dalam seminar. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa perpustakaan yang belum terakreditasi harus segera melakukan akreditasi, karena dengan demikian maka akan semakin banyak perpustakaan yang terakreditasi dengan baik, yang berarti akan berjalan beriringan dengan peningkatan kualitas perpustakaan perguruan tinggi, serta peningkatan kompetensi dari para pustakawan.

          Dalam kegiatan Bimtek tersebut Kepala Perpustakaan AAL Letkol Laut (KH) Nur Agus Arifin S.T., M.Sc. berkenan hadir untuk mengikuti kegiatan Bimtek. Banyak informasi dan pengetahuan yang didapat dalam kegiatan tersebut. Keberhasilan dalam mencapai standar akreditasi akan berdampak positif pada pengembangan dan peningkatan mutu layanan perpustakaan di perguruan tinggi, serta pada pengalaman belajar dan pencapaian mahasiswa. Dengan komitmen yang kuat dan kolaborasi antara pihak-pihak terkait, diharapkan perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia dapat terus meningkatkan standar dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan dan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar