Koordinasi dan Advokasi dengan Mitra Jejaring Indonesia One Search di Jawa Timur


 

Dalam rangka meningkatkan jumlah perpustakaan dan repositori digital yang tergabung dalam jejaring Indonesia  One Search, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan kegiatan “Koordinasi dan Advokasi dengan Mitra Jejaring Indonesia One Search di Jawa Timur. Bertempat di Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, tanggal 12-14 Juli 2023.

Pada acara ini dibagi dua sesi, dimana sesi pertama dilaksanakan diskusi panel dengan materi pertama terkait “Kebijakan Perpustakaan Nasional Terkait Jejaring Perpustakaan Digital Nasional” oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Perpustakaan Nasional RI. Diskusi panel kedua terkait dengan “Kebijakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam mendukung jejaring Perpustakaan Digital Nasional” oleh Tiat S. Suwardi. Diskusi panel ketiga dengan materi terkait “Pengenalan Indonesia Onesearch” yang dibawakan Ismail Fahmi, Ph.D yang juga sebagai Penggagas Indonesia Onesearch.

Untuk sesi kedua dilaksanakan penyampaian materi terkait “Praktik Cara Mengaktifkan Modul Protokol OAI-PMH Pada Aplikasi Repostitori” oleh Dwi Fajar S serta di acara tersebut hadir juga  narasumber Faizal Ardyanto yang juga sebagai fasilitator dalam kegiatan tersebut terkait workshop aplikasi Indonesia Onesearch. Seluruh materi berhasil disampaikan dengan baik serta diselingi dengan sesi tanya jawab yang menarik.

Peserta ini terbatas pada undangan yang disediakan oleh Tim Panitia dari Perpusnas RI termasuk Perpustakaan Akademi TNI Angkatan Laut yang berkesempatan hadir memenuhi undangan tersebut selain dari perguruan tinggi, peserta juga dihadiri oleh undangan dari dinas perpustakaan propinsi Jawa Timur serta perpustakaan kota dan kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar